Apa itu Passion dan Kira-Kira Bagaimana Cara Menemukannya?

Dalam hidup setiap manusia, pastinya setiap individu memiliki passion yang berbeda – beda. Tetapi, tidak sedikit orang yang sampai hari ini belum tahu dan belum menemukan passion yang ada di hidupnya. Sebelumnya, pasti beberapa dari kamu apa itu passion sebenarnya? Dan kira – kira bagaimana untuk kamu menemukan passion dalam hidup kamu?

Passion pastinya ada dalam hidup setiap orang. Sayangnya, tidak setiap orang mudah bisa menemukan passion yang bisa membuat mereka senang dalam mengerjakannya. Passion ini harus ditemukan oleh diri sendiri dan bukan datang dari orang lain. Hal ini karena passion adalah suatu pekerjaan atau bidang yang bisa membuat kamu senang ketika mengerjakannya.

Apa itu Passion?

apa itu passion

© Pexels

Seperti yang kita bahas sebelumnya, passion adalah suatu pekerjaan yang bisa membuat kamu senang dalam mengerjakannya. Passion ini tidak selalu dalam bentuk pekerjaan. Terkadang, passion juga bisa datang dari sebuah subjek atau objek yang memang digeluti seseorang. Sebenarnya passion itu adalah suatu yang kamu geluti dalam pekerjaan sesuai dengan hobi yang kamu minati.

Seperti salah satu contohnya, misalkan kamu sangat meminati dan menyukai desain dari rumah mewah. Ketika kamu menemukan pekerjaan menjadi seorang designer rumah mewah artinya kamu sudah bisa disebut sebagai orang yang bekerja sesuai passion. Intinya, ketika kamu bekerja sesuai passion, kamu akan mendapatkan rasa puas dan bahagia terhadap hasil kerja kamu.

Cara Menemukan Passion

Pastinya, ketika kamu sudah memiliki passion kamu akan merasa hidupmu mempunyai tujuan yang lebih terbentuk. Kamu akan tergerak untuk lebih semangat dalam mengerjakan banyak hal. Berikut adalah beberapa cara dari versi kami untuk menemukan passion di dalam diri kamu.

Mencari Hal yang Membuat Kamu Bahagia

Pastinya dalam perjalanan hidup kamu, ada beberapa hal yang bisa membuat kamu lebih semangat dan bahagia. Kamu pasti pernah merasakan ketika akan melakukan sesuatu, kamu tidak sabar untuk melakukan hal tersebut. Ketika  kamu tahu hal apa atau kegiatan apa yang bisa membuat kamu bahagia, kamu bisa menjadi petunjuk kamu untuk mencari passion di dalam diri kamu.

Mencari Kelebihan atau Bakat Diri

Setelah kamu tahu hal apa atau kegiatan apa yang bisa membuat kamu bahagia langkah berikutnya adalah kelebihan atau bakat. Kamu harus tahu juga kira – kira hal apa atau bakat apa yang menjadi kelebihan dari diri kamu. Kamu bisa mencoba beberapa hal yang kamu kira – kira sebagai kelebihan kamu. 

Catatan penting untuk kamu juga bahwa passion bukan semata – mata hal yang kamu mahir saja. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, ketika kamu menemukan passion kamu tidak harus mahir dalam hal tersebut. Ingat, passion ini adalah sesuatu yang bisa kamu nikmati dan kamu memiliki antusias tersebdiri.

Gunakan Rasa Iri atau Kesal Kamu

Betul, kamu tidak salah baca dalam bagian ini. Terkadang passion adalah hal yang bisa membuat kesal atau iri. Konteksnya adalah ketika kamu merasa bahwa suatu kegiatan yang kamu lakukan adalah hal yang bisa membuat kamu sangat antusias dibandingkan pekerjaan lain yang kamu lakukan. Rasa iri atau kesal yang kita maksud adalah ketika teman kita berani resign demi passion mereka. 

Pastinya kamu akan merasa iri dan kesal karena teman kamu menemukan passionnya. Tetapi jangan khawatir, kamu pasti akan menemukan passion tersebut. Gunakan rasa iri dan kesal ini agar diri kamu triggered terhadap hal – hal yang ingin kamu tekuni selain apa yang kamu kerjakan sekarang.

Sekian penjelasan kami terkait passion dan cara menemukannya. Jika kamu belum menemukan passion kamu sampai hari ini, jangan khawatir. Sebenarnya passion yang kamu cari ada di dalam diri kamu sejak lama. Jangan lupa digali ya!

Default image
Max Edmund