Webinar: Permudah Seminar secara Online di Masa Pandemi 

Pada masa pandemi, banyak sekali seminar yang dilakukan secara online. Kegiatan ini disebut dengan istilah webinar. Mungkin beberapa dari kalian bertanya – tanya apa itu webinar dan apa manfaatnya dibandingkan dengan seminar biasa. Webinar ini seringkali muncul di masa pandemi ini untuk mempermudah pengadaan seminar tanpa harus dengan resiko COVID-19.

Pelaku dari webinar ini biasanya datang dari akademisi seperti universitas ataupun organisasi yang ingin mengajarkan beberapa ilmu seperti lumrahnya seminar. Webinar ini adalah salah satu cara yang juga biasa diterapkan dalam dunia bisnis untuk meraih target pasar. Hal ini dikarenakan webinar bisa mengajak orang untuk partisipatif terhadap perusahaan yang membuat webinar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu webinar dan apa saja fungsi dan manfaatnya pada saat dunia sedang mengalami pandemi COVID-19.

Apa itu Webinar?

apa itu webinar

© Pexels

Sebelumnya kita sudah membahas secara umum apa itu webinar. Webinar ini adalah kepanjangannya web seminar. Webinar atau web seminar ini adalah kegiatan seminar yang biasanya dilakukan secara online melalui web atua media lainnya seperti Google Meet ataupun Zoom. Dalam kata lain, webinar ini adalah seminar yang dilakukan secara daring atau online.

Biasanya webinar online yang ada dihadiri oleh beberapa orang – orang dari beberapa tempat yang berbeda. Tetapi, dengan adanya kemajuan teknologi orang – orang yang berbeda tempat ini dapat terhubung secara audio dan visual melalui platform yang ada.

Webinar ini biasanya diadakan pada platform digital yang ada di internet. Aplikasi ini biasanya mempunyai fungsi untuk menghubungkan pengguna pada suatu ruang digital secara audio dan visual. BIasanya, aplikasi yang akan sering kamu temukan dalam webinar seperti Zoom dan Google Meet. Zoom adalah aplikasi yang paling sering digunakan akhir – akhir ini untuk keperluan webinar karena fiturnya.

Manfaat dari Webinar

Selain dari manfaat seminar pada umumnya yang sedikit kita bahas sebelumnya, kita akan membahas beberapa manfaat dari webinar yang diadakan pada masa pandemi ini.

Menambah Networking

Webinar adalah acara yang diadakan dengan banyak tujuan dan dihadiri oleh banyak peserta yang kemungkinan tidak mengenal satu dengan lainnya. Maka dari itu, ketika kamu datang ke webinar kamu bisa berkenalan dengan orang baru yang kamu tidak kenal. Hal ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan networking baru untuk keperluan belajar kamu.

Mendapat Informasi Baru

Selain mencari networking baru untuk keperluan pembelajaran kamu, kamu pastinya akan mendapatkan banyak informasi baru. Karena webinar ini dilakukan secara online, kamu bisa mendapatkan porsi pembelajaran yang sama dengan lainnya. Interaksi yang terjadi tidak terbatas seperti yang kamu pikirkan. Kamu bisa mendengar dengan lebih tenang sehingga informasi yang masuk lebih baik.

Belajar dari Jauh

Karena webinar ini diadakan melalui internet, kamu bisa mendatangi banyak webinar dari jarak jauh. Kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk datang ke suatu tempat. Kamu juga bisa ikut webinar sebanyak – banyaknya dan menyesuaikan jadwal dari webinar yang diadakan dengan jadwal kamu. Selain itu, karena ini masa pandemi, kamu bisa mendapatkan pembelajaran baru dari rumah tanpa harus takut terjangkit penyakit COVID-19. 

Sekian penjelasan tentang webinar dari kami. Webinar ini bisa kamu temukan di internet secara gratis maupun berbayar. Tetapi yang jelas, webinar ini akan memberi kamu manfaat yang sangat baik untuk pembelajaran kamu. Pastinya, webinar yang berbayar mempunyai kualitas pengisi materi yang jauh lebih baik.

 

Default image
Max Edmund