Pengertian dari Bisnis Franchise dan Apa Saja Keuntungannya

Pada tahun 2022 ini, bisnis franchise adalah salah satu cara bisnis yang sedang banyak diminati orang.sebagai investasi jangka panjang. Bisnis frenchise kian menjadi salah satu skema usaha yang sedang populer di Indonesia. Bisnis franchise ini juga mungkin lebih kamu kenal dengan bisnis waralaba.

Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian dari bisnis franchise dari segi undang – undang dan pengertian secara umum. Kita juga akan membahas keuntungan dan kelebihan dari memiliki bisnis franchise di Indonesia.

Bisnis franchise adalah

© Pexels

Pengertian dari Bisnis Franchise

Menurut Permendag No. 71 Tahun 2019, franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan / atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan / atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan “Perjanjian Waralaba”.

Jika melihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, bisnis franchise adalah kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta juga hak pemasaran. 

Dapat disimpulkan bahwa bisnis franchise adalah sebuah usaha atau bisnis yang berlandaskan atas kesempatan perseorangan dengan perusahaan. Artinya, jika kamu sepakat menjalankan bisnis franchise, kamu akan sepakat untuk mengelola serta menjalankan segala aspek dalam bisnis franchise termasuk promosi dan operasionalnya.

Keuntungan Memiliki Bisnis Franchise 

Setelah membahas pengertian dari bisnis franchise, berikutnya kita akan membahas keuntungan dari memiliki bisnis franchise. Bisnis franchise menawarkan banyak keuntungan untuk pihak yang menjalankannya maupun pemilikinya. Berikut adalah keuntungan dari memiliki bisnis franchise.

Perkembangan Bisnis yang Relatif Cepat

Bisnis franchise adalah salah satu investasi yang baik untuk dilaksanakan jika kamu ingin berkarir sebagai pengusaha. Dengan bisnis franchise, kamu bisa memikirkan bagian strategi bisnisnya saja. Dari segi perencanaan dan sistem operasi sudah ditentukan oleh pemilik perusahaan franchise.

Akhirnya, kamu akan mempunyai kemungkinan yang bsar untuk mengembangkan bisnis dalam waktu yang cepat. Keuntungan lainnya kamu tidak perlu repot menyiapkan produk untuk meningkatkan valuasi bisnis franchise kamu. Pihak pemilik franchise biasanya akan memenuhi kebutuhan sisanya.

Tidak Perlu Branding Besar

Salah satu keuntungan dari bisnis franchise adalah kamu tidak perlu melakukan promosi atau branding yang besar – besaran. Biasanya, bisnis franchise memilki branding yang lebih kuat duluan di masyarakat. Akhirnya, brand dari bisnis franchise sudah memilki pasarnya sendiri di masyarakat dan kamu tidak perlu melakukan pemasarannya.

Rekan Bisnis Professional

Sebagai pemilik bisnis franchise, kamu pastinya akan bertemu dengan rekan bisnis yang sudah professional. Pastinya pemilik bisnis franchise adalah pengusaha atau rekan bisnis yang sudah mempunyai pengalaman terlebih dahulu di bidang bisnis.

Mempelajari Bisnis

Kamu bisa menjadikan bisnis franchise sebagai tempat untuk belajar bisnis lebih dalam. Karena mempelajari bisnis memang lebih mudah jika langsung dipraktekkan. Dengan menjalankan bisnis franchise, kamu bisa mempelajari berbagai aspek bisnis seperti dari segi marketing, operasi bisnis, pengelolaan uang, dan lainnya. 

Ilmu yang kamu dapatkan ini bisa kamu dapatkan bisa kamu adopsi dan bisa kamu praktekkan dalam bisnis franchise yang kamu jalankan. Selain itu, kamu bisa memodifikasi strategi – strategi tersebut menjadi strategi kamu sendiri.

Sekian penjelasan kamu tentang bisnis franchise dan apa saja keuntungannya. Memulai untuk menjalankan bisnis franchise memang membutuhkan sejumlah modal yang cukup besar. Tetapi, banyak keuntungan dan profit yang bisa kamu dapatkan. Bagaimana? Tertarik? 

Default image
Max Edmund