Peluang Bisnis Franchise Kopi, Contoh, dan Tips Menjalankannya

Seperti yang sudah kamu ketahui, hingga saat ini bisnis franchise kopi sedang mengalami naik daun. Kamu pasti pernah melihat banyak bisnis kopi kekinian yang bertebaran di mana-mana. Sebenarnya, berapa peluang sukses dari bisnis kopi ini? Simak uraian yang ada di bawah ini.

Peluang Bisnis Franchise Kopi yang Kekinian

Peluang Bisnis Franchise Kopi yang Kekinian
Source: pexels.com

Jika kamu bingung ingin memulai bisnis apa tidak ada salahnya untuk memulai bisnis kopi. Kopi adalah minuman yang menjadi favorite anak muda hingga dewasa. Walaupun rasanya pahit, akan tetapi kopi memiliki citra tersendiri bagi masyarakat.

1. Pertumbuhan Bisnis Industri Kopi di Indonesia

Jika kamu bertanya mengenai peluang dari bisnis kopi, maka jawabannya adalah bisnis kopi mengalami peningkatkan. Khususnya di Indonesia sendiri peningkatannya naik menjadi 20%. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup anak muda yang hobi bermain sosial media.

Tentu inilah yang menyebabkan banyak bisnis kopi terkenal dan rata-rata didirikan oleh anak muda. Perbedaannya dengan dulu, kopi lebih banyak dijual di pinggir jalan dan harganya murah yaitu Rp5.000 saja. Sedangkan sekarang keberadaan coffee shop sudah mulai dikenal oleh banyak orang.

Itulah mengapa bisnis kopi bisa naik kelas dengan harga yang juga lebih mahal. Sedangkan yang membuatnya mahal adalah terdapat varian rasa dan packaging yang menarik.

2. Omzet Kedai Kopi

Faktanya hampir semua masyarakat Indonesia suka meminum kopi, inilah yang menjadikan bisnis kedai kopi adalah bisnis menjanjikan. Hal tersebut yang menjadi latar belakang mengapa banyak orang ingin memulai membuka kedai kopi.

Tentu kamu harus menyiapkan modal yang tidak sedikit untuk coffee shop.

Contoh Franchise Kopi Kekinian

Contoh Franchise Kopi Kekinian
Source: pexels.com

Indonesia sendiri sudah memiliki banyak kedai kopi yang terkenal. Tentu kamu juga bisa mengikuti jejak dari para pendahulu pendiri kedai kopi ini. Kamu bisa belajar banyak dari kedai-kedai terkenal berikut ini.

1. Janji Jiwa

Contoh pertama adalah kopi Janji Jiwa yang tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, bukan? Kedainya sudah menyebar di beberapa daerah dan tidak hanya menawarkan kopi saja melainkan juga roti panggang.

2. Kopi Yor

Contoh franchise kopi kekinian berikutnya adalah Kopi Yor. Mengapa disebut dengan kopi yor? Karena kopi yang disajikan dipadukan dengan kelapa kopyor. Tentu selain keunikannya tersebut, kopi yor banyak peminatnya karena harganya lebih terjangkau.

Memulai membuka bisnis kopi yor juga tidak semahal kopi-kopi lainnya. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp90 juta saja untuk membuka bisnis.

3. Coffee Toffee

Coffee Toffee adalah kedai kopi berikutnya yang juga tidak kalah terkenal. Konsep yang disajikan adalah kopi modern dengan aneka makanan, seperti toast dan pasta. Sedangkan untuk modal awal yang perlu kamu persiapkan adalah sebesar Rp150 juta rupiah.

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise Kopi

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise Kopi
Source: pexels.com

Ternyata, ada banyak bisnis kedai kopi yang sudah menjamur di Indonesia. Setelah menentukan konsep kedai kopi kamu harus tahu bagaimana tips mengembangkannya. Untuk itu beberapa tips berikut dapat diterapkan.

1. Memiliki Passion

Tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memiliki sebuah passion terhadap produk tersebut. Khususnya bagi kamu yang ingin membuka kedai kopi tentu harus tahu bagaimana caranya membuat kopi nikmat.

2. Berani Mengambil Resiko

Tips kedua adalah dengan tidak takut terhadap peluang yang datang. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus siap menghadapi segala resiko yang terjadi di masa depan. Tentu hal ini dilakukan untuk perkembangan kedai kopi kamu.

Memulai bisnis franchise kopi tentu harus mempersiapkan modalnya terlebih dahulu. Setelah itu, kemudian kamu bisa menerapkan tips-tips di atas untuk mengembangkan kedai kopi tersebut.

Default image
Mendy