Branding adalah Usaha Mempopulerkan Produk

Ketika kamu memikirkan brand-brand besar di Indonesia, apakah pernah terpikirkan bagaimana mereka melakukannya ? Branding adalah salah satu cara pebisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari audiencenya dan ciri khas dari sebuah perusahaan. Tentunya dibantu dengan cara marketing yang tepat.

Perusahaan yang sudah mempunyai nama yang besar tentunya mereka berhasil melakukan branding kepada masyarakat untuk membangun popularitas brand tersebut. Sehingga masyarakat mengetahui keberadaan mereka dan nilai apa yang bisa ditawarkan kepada masyarakat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari branding, manfaat dan jenis-jenis branding. Simak berikut penjelasan dibawah ini !

Apa itu Branding ? 

Istilah branding mempunyai kata dasar yaitu Brand, yang berarti merek. Fungsinya adalah “memamerkan” atau bentuk pencitraan suatu produk kepada konsumen agar terlihat lebih menarik dan terlekat dalam pikiran konsumen. Dalam arti lain, branding merupakan interaksi suatu produk dengan para calon konsumennya.

Tujuan utama dari branding sebenarnya adalah mengenalkan sebuah produk dari suatu perusahaan. Di lain sisi, branding juga merupakan pencitraan perusahaan agar terlihat terpercaya di mata konsumen.

Branding yang bagus akan mudah diingat oleh konsumen terhadap logo dari perusahaan tersebut, produknya sampai diskon-diskon yang disediakan. Sampai-sampai para konsumen akan balik membeli barang dari perusahaan tersebut. 

Biasanya branding dilakukan oleh para perusahaan baru agar para audience aware akan kehadirannya.

Jenis Jenis Branding

Sebelum melakukan branding lebih lanjut, kamu harus mengetahui apa saja jenis-jenis branding yang biasa digunakan. Setiap brand mempunyai tujuan yang berbeda-beda dan medianya pun juga berbeda. 

Dibawah ini kita akan memperkenalkan 5 jenis branding yang populer. 

Produk Branding

Branding jenis ini merupakan yang paling umum. Branding seperti ini biasanya bisa kamu lihat di platform media seperti tv, internet, koran, billboard dan lainnya.

Tujuannya biasanya untuk meningkatkan penjualan lama atau promosi produk baru.

Cara branding ini juga menunjukan apa keunikan dari produk tersebut dibandingkan dengan produk lainnya.

branding adalah

©Pexels

Personal branding

Kamu pasti pernah mendengar kata personal branding di media sosial seperti Instagram, LinkedIn ataupun Facebook. Cara ini merupakan cara orang untuk mempromosikan dirinya sendiri sebagai sebuah brand / produk. 

Biasanya orang yang menggunakan personal branding ini adalah influencer, artist, politikus dan lainnya. Intinya dia mem-branding kan dirinya untuk popularitas dirinya.

Media yang paling mudah adalah sosial media. Karena dengan sosial media, mereka bisa mempopularitaskan dirinya sesuai dengan keinginan dan karakter mereka. Untuk disebarluaskan juga lebih mudah.

Corporate Branding

Seperti namanya, corporate branding berarti branding yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Yang dipromosikan adalah sejarah perusahaannya, perkembangannya, koneksi, nilai-nilai perusahaannya, cara kerjanya sampai pembuatan logonya. 

Branding yang dibuat tujuannya agar masyarakat mengingat ciri khas dari perusahaan tersebut, bisa dari logonya, warna dan akhirnya menumbuhkan rasa percaya kepada perusahaan tersebut. 

Media yang digunakan biasanya seperti PR, media sosial, website, sponsor event.

Geological Branding

Geological branding berarti branding yang menunjukan dari keunggulan alam lokasi tersebut berupa keindahan, kemampuan, dan sumber daya suatu wilayah. Biasanya dilakukan oleh instansi di bawah pemerintah setempat atau organisasi pariwisata. 

Media yang digunakan biasanya berupa video keindahan alam tersebut, sosial media dan portal berita.

Co-Branding

Cara ini merupakan kerja sama antara perusahaan untuk meningkatkan penjualan kedua belah pihak. Tujuannya untuk saling menarik minat antara bisnis yang terlibat. Sehingga konsumennya menjadi lebih banyak.

Contohnya adalah merek kosmetik dengan seorang influencer. Hasil kerja sama ini menumbuhkan penjualan kosmetik dan meningkatkan personal branding dari influencer tersebut.

Manfaat Branding

Merek akan terkenal dengan mudah

Branding yang tepat membuat produk anda akan mudah dikenal banyak orang. Dengan mempunyai keunikan tersendiri, produk anda akan terlihat mencolok di antara para kompetitor lainnya.

Kepercayaan audience meningkat

Brand yang dikenal secara baik di mata pengunjung akan selalu mendapatkan kepercayaan terhadap produk tersebut. Selain itu, pelanggan yang sudah lama akan tetap terikat dengan kualitas dan nilai produk tersebut.

Memberikan bisnis anda yang kuat di Industri

Usaha memperluas dan memperbesar brand, akan terasa dampaknya dalam jangka panjang dalam industri pasarnya.

Mendukung pemasaran

Ketika brand anda sudah dipercaya banyak orang, maka secara tidak langsung mereka akan menawarkan atau menyebarkan kepada orang terdekatnya yang belum tau.

Untuk mendukung bisnis kamu, tentunya branding merupakan cara inti yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jadi bagaimana ? apakah kamu sudah menemukan cara branding yang cocok untuk keperluan bisnis kamu ? Semoga mendapatkan perubahan yang baik, ya !

Default image
Ronaldo Nongsina