Business Plan Adalah, Jenis, dan Cara Membuatnya yang Benar

Business plan adalah istilah yang sangat familiar dalam dunia bisnis. Dunia bisnis dan perdagangan memang sangatlah kompleks namun harus dipahami dan dilakukan dengan benar apabila ingin mencapai output penjualan produk yang maksimal.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai hal tentang istilah tersebut. Sehingga bisa kamu gunakan sebagai referensi dan tambahan informasi untuk membuat business plan yang efektif untuk kemajuan berbagai jenis bisnis seperti bisnis makanan atau lainnya.

Pengertian Business Plan Adalah

Pengertian Business Plan Adalah
Source: pexels.com

Business plan merupakan suatu dokumen tertulis yang dibuat untuk memetakan seluruh informasi mengenai bisnis yang akan dijalankan. Beberapa hal yang harus ada dalam sebuah dokumen business plan yaitu:

1. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah upaya pemilik bisnis untuk memasarkan dan mengenalkan suatu produk baik barang atau jasa kepada target pasar atau masyarakat.

2. Kondisi Keuangan Bisnis

Kondisi bisnis adalah keadaan bisnis terkini ketika dokumen business plan dibuat. Apakah kondisi bisnis sedang bagus atau tidak bisa dijelaskan secara mendetail.

3. Detail Penjualan

Detail penjualan adalah informasi mengenai seberapa besar penjualan atau keuntungan bisnis selama beberapa bulan terakhir. Detail penjualan bisa digunakan sebagai alat untuk memprediksi kondisi pasar.

4. Informasi Penting Lainnya

Informasi penting lainnya berhubungan dengan informasi di dalam bisnis yang dianggap penting untuk melengkapi dokumen business plan.

Jenis Business Plan

Jenis Business Plan
Source: pexels.com

Business plan juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan tujuannya. Jenis business plan dibagi menjadi lima, yaitu:

1.  Operations Business Plan

Operation business plan yaitu rencana bisnis yang dibuat khusus untuk operasional internal perusahaan. Business plan jenis ini biasanya berisikan mengenai tanggung jawab setiap karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut.

Kemudian berisi juga mengenai panduan pelaksanaan kegiatan operasional lengkap dengan tenggat waktu yang diberikan oleh perusahaan. Dengan demikian, karyawan bisa bekerja dengan lebih terarah sehingga perusahaan bisa mencapai targetnya dengan lebih mudah.

2. Development Business Plan

Development business plan yaitu penjelasan secara lengkap dan rinci mengenai sebuah bisnis yang dibuat. Pada dokumen business plan jenis ini, biasanya berisikan susunan organisasi perusahaan, administrasi perusahaan, serta job desk setiap karyawan.

3. Strategic Business Plan

Strategic business plan yaitu jenis rencana bisnis yang kompleks dimana didalamnya menjelaskan strategi perusahaan secara mendetail guna mencapai tujuan perusahaan.

Dalam dokumen business plan jenis ini, biasanya mengandung beberapa komponen penting seperti visi dan misi, strategi perusahaan dalam mencapai tujuan, jadwal pelaksanaan setiap strategi, sampai faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi perusahaan.

Cara Membuat Business Plan yang Bagus

Cara Membuat Business Plan yang Bagus
Source: pexels.com

Membuat business plan tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh kepada bagaimana kemampuan sebuah perusahaan atau bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Maka dari itu, untuk menyusun sebuah business plan yang bagus diperlukan beberapa cara di bawah ini:

  • Lakukan analisis mengenai kompetitor dan riset pasar sebelum menyusun business plan.
  • Menentukan tujuan bisnis atau perusahaan dengan jelas.
  • Memetakan target pembaca dokumen business plan tersebut.
  • Selalu mencari referensi mengenai setiap komponen yang dituliskan dalam dokumen business plan. Kamu bisa mencari contoh business plan di internet dan membacanya dengan seksama sebagai referensi.
  • Menjelaskan semua komponen business plan dengan runtut, jelas, realistis, dan merinci.

Business plan adalah media bagi perusahaan untuk bisa mencapai semua target dan tujuan perusahaan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika target perusahaan bisa dicapai dengan baik dan sesuai, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Default image
Mendy