Cara Daftar Gofood dengan Mudah di Tahun 2022

Bagi Kamu yang menggeluti bisnis kuliner dan ingin dikenal oleh lebih banyak masyarakat, tidak ada salahnya jika  mencoba berjualan melalui fitur Go Food yang disediakan oleh perusahaan Gojek. Anda tidak hanya dapat menjangkau calon konsumen secara lebih luas, tetapi mendaftar bisnis dengan GoFood juga sepenuhnya gratis dan tanpa  biaya apa pun. Simak cara mendaftar GoFood step by step terbaru dan lengkap  cara daftar GoFood 2022!

cara daftar gofood

© Pexels

Cara Daftar GoFood

Sebelum melakukan pendaftaran, siapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jenis dokumen yang dibutuhkan akan berbeda untuk setiap tipe usaha. Oleh karena itu, pastikan kamu mendaftar sesuai dengan tipe usahamu. 

Usaha milik pribadi

Jika kamu memiliki usaha secara perorangan dan belum pernah mendaftar di Go Biz sebelumnya, persiapkan KTP Pemilik Outlet, NPWP Pemilik Usaha (Opsional), serta Data rekening seperti Nama Bank, Nomor Rekening dan Nama Pemilik Rekening untuk pencairan dana usaha.

Usaha milik perusahaan

Untuk usaha yang tidak dimiliki secara personal dan sudah berbadan hukum terpisah (seperti, tapi tidak terbatas pada PT, CV, atau Yayasan), maka usaha kamu termasuk ke dalam mitra Usaha Go Food. Persiapkan dokumen seperti Nomor ponsel, alamat email dan data identitas dari direktur atau wakil yang ditunjuk perusahaan, Surat Izin Usaha, Akta Pendirian/Penyesuaian (UPT 2007), Akta Perubahan (Opsional), NPWP Perusahaan, Informasi rekening Bank, Surat Kuasa dan juga Data identitas penerima kuasa. 

Setelah mengetahui dan menyiapkan semua dokumen yang diperlukan, barulah kamu dapat mendaftarkan bisnismu pada fitur Go Food. Agar usahamu dapat muncul pada aplikasi Go Jek, kamu perlu mendaftar langsung ke aplikasi GoBiz terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah terperinci untuk melakukannya:

  1. Unduh aplikasi GoBiz pada Google Play Store, lalu klik “Daftar GoBiz”
  2. Pilih formulir pendaftaran untuk jenis usaha kamu
  3. Isi data pemilik atau pengguna sesuai dengan data pribadi pemilik/direktur perusahaan/wakil yang ditunjuk perusahaan (bukan bendahara dan karyawan). Jika sudah, klik “Kirim Data Pengguna/Pemilik”
  4. Masukan kode OTP yang diterima melalui SMS kemudian klik “Konfirmasi”
  5. Lengkapi data perdagangan sesuai dengan jenis perusahaan pilihanmu.
  6. Setelah melengkapi seluruh data usaha, silahkan centang dan tinjau ulang ‘Syarat & Ketentuan’, Jika sudah, klik “Verify my company data” dan “Submit”.

Data perusahaan yang terkumpul akan diverifikasi setelah sekitar 2 hari kerja. {Proses selanjutnya adalah mengaktifkan layanan Go Food dengan melengkapi informasi berikut ini:

  • Profil Restoran
  • Daftar Menu
  • Jam Buka

Demikianlah cara untuk mendaftarkan bisnis kamu pada fitur Go Food. Tidak sulit bukan? Fitur Go Food sendiri memudahkan konsumen untuk membeli makanan secara online melalui laman pencarian. Pembeli juga dapat membandingkan harga dan mendapat diskon atau promosi besar untuk pembelian makanan. Sehingga pelanggan semakin dimudahkan karena tidak perlu bepergian untuk menerima pesanan. 

Keuntungan menggunakan GoFood

Dengan mendaftarkan usaha ke GoFood, kamu dapat memaksimalkan potensi bisnismu, karena saat ini pengguna aplikasi GoJek mencapai sekitar empat juta. Ini artinya kamu dapat meningkatkan popularitas bisnismu melalui peluang ini. Pengguna yang sebelumnya tidak mengenal bisnis atau brand mu kini dapat menemukan dan mulai memesan produk mu.

Itulah beberapa penjelasan singkat soal langkah dan keuntungan mendaftarkan bisnis di GoFood. Kamu bahkan dapat mengurus semua proses itu di rumah saja. Selain di Gojek, kamu juga mungkin dapat mempertimbangkan platform pesan antar online lainnya seperti GrabFood dan Shopee Food. Semoga informasi ini dapat membantu!

 

Default image
Max Edmund