Cara Membuat Iklan di Facebook Ads dengan 3 Step Yang Sangat Mudah 

Facebook adalah salah satu platform media dengan pengguna aktif hingga 2 milliar per bulannya. Pastinya hal seperti ini menjadi peluang untuk marketer dalam menjalankan promosi digitalnya. Tentunya dalam Facebook, ada fitur Facebook ads yang bisa marketer gunakan dalam promosi digital. Cara membuat iklan Facebook di Facebook ads tentunya terbilang mudah.

Tetapi, tentunya ilmu seperti ini harus kamu pelajari lebih lanjut melalui beberapa kelas digital agar lebih paham lebih mendalam lagi. Tentunya, dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat tentang dasar cara membuat iklan Facebook di Facebook ads untuk membantu promosi digital untuk bisnis yang kamu miliki.

Sebelumnya, kita akan membahas beberapa hal dasar tentang apa itu Facebook ads dan mengapa kamu harus menggunakan Facebook ads. 

Apa itu Facebook Ads

cara membuat iklan di Facebook ads

© Pexels

Secara dasar, Facebook ads adalah fitur dalam platform media sosial Facebook untuk memasang iklan. Jangkauan audiens dari Facebook ads ini mempunyai kolam pasar yang luas karena banyaknya pengguna aktif per bulannya. Facebook ads ini adalah salah satu platform media sosial yang menawarkan opsi konten yang beragam dan paling lengkap.

Mungkin jika kamu tahu tentang Instagram ads, kamu bisa membuat konten katalog belanja dan konten visual. Tetapi di Facebook, kamu bisa membuat konten yang lebih beragam lagi seperti Facebook marketplace atau community sehingga jangkauan kamu ke audiens akan lebih mudah menyebar dibandingkan satu jenis konten saja.

Kelebihan dari Membuat Iklan di Facebook Ads

Ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu pikirkan tentang mengapa kamu harus menggunakan Facebook ads.

Budget yang dapat Disesuaikan – Kamu bisa menyesuaikan budget dari Facebook ads dengan budget yang kamu miliki. Tentunya opsi ini sangat luas dan minimalnya mulai hanya Rp 25.000,00

Penargetan yang Spesifik – Karena jangkauan pengguna Facebook sangat luas, kamu bisa secara spesifik menentukan target dan menemukan pasar kamu.

Analisa untuk Evaluasi – Dengan adanya ad manager dari Facebook, kamu bisa melakukan evaluasi iklan kamu menggunakan data statistik dari hasil iklan kamu.

Brand Awareness yang Tinggi – Banyaknya pengguna aktif Facebook dapat membantu kamu mendapat brand awareness dengan lebih mudah.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Ada beberapa langkah dalam membuat Facebook ads yang dapat kamu ikuti agar iklan kamu bisa tayang di Facebook dengan efektif.

Buat Akun Halaman Facebook

Kamu bisa memulai dengan membuat akun halaman dari brand atau produk yang ingin kamu promosikan. Akun ini harus berisi informasi yang tepat dan jelas agar tidak membingungkan audiens. Setelah kamu memiliki halaman, kamu bisa langsung ke Facebook ad manager untuk mulai menyusun iklan yang akan kamu sebarkan.

Tentukan Kampanye Iklan Terlebih Dahulu

Ada alur dasar pada pembuatan Facebook ads yaitu campaign, ads set, dan ad. Campaign atau kampanye adalah tujuan spesifik yang kamu inginkan dari iklan ini. Ads set adalah target audiens yang kamu tuju. Kemudian ad adalah iklan yang kamu buat bisa berisi konten terkait dengan brand atau produk yang kamu promosikan.

Finishing Materi Iklan dan Pembayaran

Setelah kamu menentukan kampanye, ads set, dan ad yang akan kamu buat di Facebook, kamu bisa memoles lagi materi iklan yang akan kamu tayangkan. Kamu harus mengecek typo dan kesalahan teknis lainnya. Setelah semua siap, kamu bisa langsung melakukan pembayaran agar iklan kamu bisa segera tayang.

Bagaimana? Mudah bukan membuat iklan di Facebook ads? Tentunya kamu bisa mempelajari lebih dalam lagi tentang Facebook ads dan Facebook Ad Manager di kelas online yang kamu temui di internet.

 

Default image
Max Edmund