Cara Membuat Konten Yang Menarik di Sosial Media

Kita mengetahui bahwa konten merupakan sebuah pesan atau informasi kepada audiens yang berada di internet atau platform sosial media. Cara membuat konten yang menarik dalam dunia bisnis juga hal yang penting dalam mempromosikan bisnis kita. 

Jika kalian perhatikan, konten yang ada di sosial media brand-brand besar atau Influencer ternama, mempunyai daya tarik dan keunikan masing-masing. Dengan konten yang menarik, audience akan selalu tertarik untuk melihatnya seterusnya dan kesempatan untuk mendapatkan follower akan lebih banyak dan exposure akan semakin tinggi.

Di artikel ini, kita khusus membahas bagaimana kamu membuat konten yang menarik di Instagram. Yuk, mari kita simak penjelasannya.

Cara Membuat Konten yang menarik Di Instagram

Buat Konten Original

Konten yang merupakan hasil pemikiran kamu sendiri merupakan suatu hal yang unik dan dapat dibagikan kepada orang banyak. Jika kamu menjiplak persis dengan konten orang lain, maka kamu akan dicap “peniru” konten orang, dan akhirnya tidak ada yang tertarik lagi dengan konten yang kamu buat.

Misalnya kamu membuat konten berisikan edukasi atau informasi yang bermanfaat untuk orang. Dengan demikian, kamu bisa membahasnya berdasarkan pengalaman kamu yang unik tentang konten tersebut.

Riset Konten

Konten yang menarik ditentukan juga oleh trend apa yang terjadi sekarang. Makanya, diperlukan untuk riset konten terlebih dahulu agar peminat bacanya juga tinggi. Kamu perlu belajar dari kompetitor lainnya dalam membuat konten yang menarik. Carilah celah kekurangan konten kompetitor, disitulah kamu dapat melengkapi informasinya di konten kamu.

Misalnya sekarang ini sedang ramai dengan dunia digital bernama NFT. Kamu bisa mengupload postingan membahas tentang konten tersebut dari sumber yang kredibiltasnya tinggi, seperti postingan dari penjelasan para pengguna NFT, dan lain-lain.

cara membuat konten menarik

©Pexels

Riset Keyword

Hampir sama dengan riset konten, dalam membuat konten yang menarik kamu perlu juga untuk riset Keyword. Dengan riset keyword, kamu dapat menentukan kata mana yang banyak dicari di mesin pencari seperti Google. Sudah banyak tools keyword analisis yang dapat kamu gunakan untuk menentukan topik mana yang akan dibahas.

Buat Caption yang Kuat

Pembuatan konten yang menarik ditentukan juga dari seberapa menarik judul atau caption yang kalian buat. Caption yang kuat dapat membuat para pembaca semakin penasaran dengan penjelasan yang mereka cari dari konten kamu. Biasanya caption yang menarik berupa pertanyaan relfektif atau statement yang sangat unik.

Tetapi jangan terlalu fokus dengan caption yang kamu buat. Isi dari konten merupakan informasi utama yang audience cari, agar mereka selalu kembali untuk membaca konten dari kamu.

Sesuaikan Dengan Audience

Audiens merupakan orang-orang yang menikmati konten kamu. Pastikan konten kamu sesuai dengan target audiens yang diinginkan. 

Misalnya konten kamu berisikan tentang bagaimana bisnis kopi yang sedang trend, maka pastikan audience yang kamu targetkan merupakan orang yang memahami bisnis kopi. Atau paling tidak yang mengetahui seputar hal-hal yang relevan seperti barista, coffee shop dan lain-lain.

konten menarik

©Pexels

Setelah membuat konten yang menarik, kamu juga dapat tracking konten kamu dan mengevaluasi bahan yang sudah kamu buat. Dalam instagram, konten yang dibuat dapat dijadikan bahan evaluasi melewati fitur yang namanya Insight. 

Insight story merupakan alat analitik demografi tentang pengikut atau yang telah interaksi dengan konten kamu. Dengan insight story, kamu dapat mengukur seberapa berhasil kinerja konten yang sudah kamu buat, dan akhirnya dapat dijadikan bahan evaluasi. Tenang saja, kami juga menyediakan artikel khusus untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara insight instagram bekerja.

Default image
Ronaldo Nongsina