Komunikasi Data: Pengertian dan Apa Tujuannya?

Komunikasi data adalah salah satu topik yang seringkali dibahas di tahun 2022 ini. Hal ini disebabkan karena meningkatnya penggunaan teknologi dan mahasiswa yang sedang belajar di ilmu komputer. Secara umum, komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data informasi dari dua atau lebih alat yang terhubung dalam sebuah jaringan. 

Pada dasarnya, komunikasi data adalah gabungan dari dunia komunikasi dan dunia komputer. Maka dari itu, pembahasan tentang komunikasi data ini sering datang dari teknik informatika. Nama lain dari komunikasi data ini adalah teleprocessing. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih lanjut tentang pengertian dari teleprocessing data dan tujuannya.

komunikasi data

© Pexels

Apa itu Komunikasi Data?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, komunikasi data adalah proses perpindahan data yang terjadi karena ada dua atau lebih alat yang terkoneksi dalam sebuah jaringan. Ada beberapa komponen dasar dari sistem teleprocessing.

Sumber

Sumber pemancar atau pengirim adalah pihak yang memancarkan informasi data. Komunikasi dapat berlangsung secara dua arah. Maka dari itu, pemancar bisa jadi berfungsi sebagai penerima dari informasi data.

Medium Transmisi

Medium trasmisi adalah saluran tempat informasi atau wadah yang menyalurkan informasi ke tempat tujuan. Media yang digunakan sebagai medium transmisi antara lain adalah kabel, udara, cahaya, dan lainnya. 

Penerima

Penerima adalah pihak atau alat yang menerima informasi yang dikirimkan oleh sumber melalui medium transmisi tadi.

Tujuan dari Komunikasi Data

Komunikasi data bukan hanya sebuah fenomena yang terjadi begitu saja tanpa tujuan. Ada beberapa tujuan dari perpindahan data. Tujuan – tujuan ini yang membuat teleprocessing hingga saat ini menjadi cara pembelajaraan yang bermanfaat di bidang sistem informatika. Berikut ini tujuan dari teleprocessing.

Yang pertama adalah memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien dan tanpa ada error atau kesalahan dari suatu tempat ke tempat lain. Tujuan teleprocessing yang dimaksud disini adalah ketika kamu memindahkan sebuah data dari satu drive ke drive lainnya.

Tujuan berikutnya adalah memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukungnya. Teleprocessing data yang terjadi ketika sebuah sistem eksternal terhubung ke komputer memungkinkan komputer untuk membaca sistem tersebut dan melakukan sinkronasi antara keduanya.

Kemudian, teleprocessing data dapat memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun tersebar. Sehingga mendukung manajemen dalam melakukan kontrol, baik secara desentralisasi maupun sentralisasi.

Setelah itu, teleprocessing data dapat mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer. Dengan bahasa data yang sudah ada dan sudah diciptakan oleh programmer, komunikasi data akan lebih mudah walaupun adanya perpindahan sistem operasi satu ke yang lain.

Tujuan terakhirnya adalah perpindahan data bisa mendapatkan data langsung dari sumbernya sehingga bisa membantu untuk mempercepat penyebarluasan informasi. Teleprocessing tidak hanya terjadi pada internal sistem dari sebuah komputer. teleprocessing juga terjadi ketika kamu sedang menjelajahi internet. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pengandalan dari teleprocessing di internet lebih baik.

Dengan adanya teleprocessing di dalam jaringan internet, hal ini sangat memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi secara lebih cepat dan tepat. Sehingga penyebarluasan informasi cepat tercapai oleh berbagai belah pihak.

Sekian penjelasan kami tentang teleprocessing. Apabila kamu ingin mempelajari teleprocessing lebih lanjut kamu bisa mempelajarinya di kelas online di internet. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mempelajari teleprocessing data lebih lanjut?

 

Default image
Max Edmund