Apa itu Pay per Click? Ini Jenis-jenis dan Manfaatnya untuk Iklan

Pay per click adalah singkatan dari PPC dimana biasanya sangat mudah ditemukan di mesin pencarian Google. PPC merupakan cara pintas tercepat untuk menarik user atau calon pembeli untuk langsung mengunjungi website produk dalam satu kali klik saja.

Kemudian, apa sebetulnya pengertian dari pay per click? Apa saja jenisnya? Bagaimana cara membuatnya? Semuanya akan dijawab secara lengkap di dalam artikel ini.

Pay Per Click Adalah

Pay Per Click Adalah
Source: pexels.com

Pengertian pay per click yaitu salah satu bentuk internet marketing dimana pembuat iklan diharuskan membayar setiap iklan yang diklik oleh user atau audience.

Disini pemilik situs atau website akan mendapatkan sejumlah uang dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung link iklan tersebut.

Jenis-Jenis Pay Per Click

Jenis-Jenis Pay Per Click
Source: pexels.com

Pay per click memiliki lima jenisnya, yaitu:

1. Social Advertising

Jenis PPC yang pertama adalah social advertising dimana iklan ini dimunculkan di platform media sosial dimana bisa diatur untuk tampil di beranda, story, FYP, dan lain sebagainya.

2. Search Advertising

Jenis PPC yang kedua adalah search advertising dimana iklan ini muncul di search engine result page atau SERP seperti Bing, Google, Yahoo, dan lain sebagainya. PPC jenis ini biasanya muncul dalam bentuk teks iklan yang diletakkan di samping hasil pencarian.

3. Remarketing

Jenis PPC yang ketiga adalah remarketing dimana iklan ini hanya akan ditampilkan kepada orang yang sebelumnya sudah pernah mengunjungi website atau melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Cara ini merupakan cara marketing yang efektif karena target sasarannya hanya tertuju kepada orang-orang yang sudah pernah tertarik atau membeli produk yang dipasarkan.

4. Google Shopping

Jenis PPC yang keempat adalah Google Shopping dimana iklan ini hanya menampilkan gambar produk dan harganya di mesin pencarian Google. Apabila user mengklik iklan produk tersebut, maka akan langsung diarahkan ke halaman penjualnya yang tergabung di website ecommerce.

5. Display Advertising

Jenis PPC yang kelima adalah display advertising dimana iklan ini memiliki nama lain Google Display Network. Iklan ini menampilkan iklan dengan bentuk display ads dimana bisa berupa teks atau visual grafis seperti video atau gambar.

Manfaat Pay Per Click

Manfaat Pay Per Click
Source: pexels.com

Sebelum menerapkan cara menggunakan pay per click, PPC sendiri memiliki manfaat di antaranya, yaitu:

1. Bisa Mengatur Target Audience

Manfaat yang pertama adalah memberikan kesempatan pemilik iklan untuk mengatur target audience yang sesuai dengan sasaran pemasaran produk. Dengan demikian, pemilik iklan juga bisa mempersempit audience sehingga target pasar lebih mengerucut dan pasti.

2. Output yang Cepat

Manfaat yang kedua adalah output yang dirasakan akan jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan sistem SEO yang tradisional. Pay per click terbukti bisa menghasilkan kunjungan pengunjung ke website bisnis pemilik iklan.

Karena tingginya kunjungan di website pemilik iklan, maka akan semakin memperbesar kemungkinan produk terjual dengan laris.

3. Bisa Disesuaikan dengan Ketersediaan Budget

Manfaat yang ketiga adalah pemilik iklan bisa membuat PPC sesuai dengan ketersediaan budget. Harga iklan pay per click tidaklah mahal dan sangat bisa diatur sesuai dengan ketersediaan anggaran.

4. Tidak Terpengaruh Algoritma

Manfaat yang keempat adalah PPC tidak akan dipengaruhi oleh perubahan algoritma dari mesin pencarian. Sehingga akan jauh lebih praktis karena pemilik iklan hanya perlu membayar sejumlah biaya dan ikan akan efektif dimana hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan SEO.

Pay per click adalah salah satu strategi promosi yang paling efektif untuk meningkatkan engagement dan brand awareness brand yang dipasarkan.

Default image
Mendy