Pengertian Analisis SWOT dan Cara Metode Analisisnya!

Secara umum pastinya kamu sudah tau apa pengertian dari analisis SWOT. Analisis SWOT ini adalah alat yang sangat sederhana dan bisa membantu kamu untuk mengembangkan strategi bisnis kamu. Analisis SWOT ini tidak hanya bisa digunakan pada analisis strategi bisnis saja, tetapi kamu juga bisa menggunakannya untuk aspek lainnya lagi seperti perkembangan organisasi.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa pengertian dari analisis SWOT dan bagaimana caranya untuk kamu menganalisis SWOT yang sudah kamu siapkan. Kita juga akan membahas metode analisis SWOT yang ada.

Pengertian SWOT

pengertian analisis swot

© Pexels

SWOT ini sendiri adalah sebuah singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang),  dan threats (ancaman). Secara gambaran besar, analisis SWOT ini membantu kamu dalam melihat hal yang baik untuk bisnis kamu dan juga hal yang perlu dikembangkan ataupun kelemahan untuk bisnis kamu. 

Strength atau kekuatan dan weakness atau kelemahan adalah sesuatu yang berasal dari dalam bisnis kamu atau sesuatu yang terjadi di internal bisnis kamu. Hal seperti ini biasanya adalah hal – hal yang bisa kamu kontrol dan dapat kamu ubah. Salah satu contohnya adalah orang – orang yang ada di tim bisnis kamu atau properti dari bisnis kamu.

Sementara opportunities atau peluang dan threats atau ancaman adalah hal eksternal yang berpengaruh pada bisnis kamu. Biasanya datang dari luar perusahaan kamu dengan pasar yang lebih besar. Kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk perusahaan kamu dan kamu juga bisa melindungi perusahaan kamu dari ancaman yang ada tetapi kamu tidak bisa mengubah hal tersebut.

Cara Metode Analisis SWOT

Setelah kamu selesai mengidentifikasikan dan menganalisis masing – masing dari elemen SWOT  tadi, kamu bisa menggunakan analisis dengan cara mengkombinasikan elemen – elemen yang ada. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kamu dari antara dua elemen yang bisa saling menutupi ataupun membantu.

Ada salaah satu metode analisis SWOT yang paling sering digunakan. Metode analisis ini dinamakan key management models yang ditemukan oleh Marcel van Assen di tahun 2013. Ada empat kombinasi elemen pada metode ini.

Strategi Elemen Strength – Opportunities

Strategi ini adalah gabungan dari dua elemen SWOT strength dan opportunities. Dalam strategi ini, kamu bisa memanfaatkan sebuah peluang dengan kelebihan yang kamu misalkan. Salah satu contohnya yaitu apabila kamu mempunyai strength sebagai bisnis baru di suatu daerah dan di daerah tersebut demand terhadap produk yang kamu jual sangat tinggi.

Strategi Elemen Strength – Threats

Pada strategi ini, kamu bisa memanfaat kan strength atau kekuatan bisnis kamu untuk menghindari ancaman dari luar bisnis kamu atau threats. Dengan strategi ini kamu bisa melihat strength mana yang bisa membantu kamu untuk menghindari threats dari luar bisnis kamu.

Strategi Elemen Weakness – Opportunities

Strategi ini memanfaatkan adanya peluang untuk menutupi atau mengatasi kelemahan yang ada pada perusahaan kamu. Contohnya ketika kamu mempunyai masalah pada paten dari produk kamu dan kemudian kamu melihat sebuah peluang dalam melakukan branding yang besar untuk produk kamu.

Strategi Elemen Weakness – Threats

Yang terakhir, metode ini adalah metode yang sedikit susah untuk dilakukan. Dengan metode ini kamu bisa meminimalisir kelemahan kamu. Kamu juga bisa menghindari ancaman dari luar perusahaan dengan melihat apa saja yang menjadi kelemahan perusahaan kamu. Metode ini lebih ke arah untuk antisipasi.

Sekian penjelasan kami tentang metode analisis SWOT. Kamu bisa mempraktekan metode analisis SWOT ini pada bisnis kamu ataupun untuk self-development kamu.

Default image
Max Edmund