Perbedaan dari HTTP dan HTTPS serta Fungsinya

Pastinya kamu sering sekali melihat alamat URL dari website yang kamu kunjungi mempunyai kode unik tertentu. Salah satunya pasti kamu pernah berjumpa dengan code HTTP dan HTTPS di bagian depan dari URL website yang kamu buka. Sebenarnya HTTP dan HTTPS mempuyai perbedaan yang signifikan.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan dari HTTP dan HTTPS serta fungsinya masing – masing yang juga berbeda. HTTP dan HTTPS mempunyai perbedaan yang paling mencoolok pada sisi SEO-nya. Hal tersebut akan kita bahas lebih lanjut setelah ini.

perbedaan HTTP dan HTTPS serta fungsinya

© Pexels

Perbedaan dari Keduanya

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, HTTP dan HTTPS banyak kita temukan pada alamat URL dari website yang kita kunjungi. HTTP adalah sebuah protokol dari sebuah jaringan yang memperbolehkan adanya pertukaran informasi antara web server dengan client server. 

Artinya, HTTP adalah kode yang mengatur jalannya proses loading atau pemuatan penampilan dari website melalui browser. Hal ini adalah salah satu perbedaan dari HTTP dan HTTPS. HTTPS ini sebenarnya kurang lebih mempunyai fungsi yang mirip dengan HTTP.

HTTPS sendiri adalah sebuah kembangan atau hasil pembaharuan dari HTTP yang mempunyai tingkat sekuritas atau standar keamanan yang lebih baik dan lebih terjaga dari HTTP. Biasanya, HTTP dan HTTPS mempunyai keperluan dari masing – masing website itu sendiri. Bukan berarti ketika kamu menggunakan kode HTTP akan lebih tidak terjaga dibandingkan HTTPS.

Website dengan kode HTTPS akan sering kamu temukan pada website e-commerce atau website yang mempunyai sistem belanja checkout. Hal ini dikarenakan HTTPS bisa menjaga keamanan data pembayaran dari konsumen agar tidak menjadi korban data bocor.

Fungsi HTTP dan HTTPS

Sebenarnya dari penjelasan sebelumnya pasti kamu sudah mulai mengerti kepentingan dari adanya HTTP dan HTTPS. HTTP mempunyai fungsi untuk mengatur format dan bagaimana data yang ada pada cloud atau server dikirimkan ke user. HTTP ini juga memiliki fungsi dalam mengatur bagaimana web server dan browser melakukan proses dari perintah yang masuk.

Seperti contohnya adalah ketika kamu memasukkan alamat URL di kolom pencarian, pastinya kamu akan menemukan website yang sedang kamu buka akan memuat beberapa gambar dan tulisan melalui transfer data secara perlahan. 

Kemudian di bagian samping kiri dari alamat URL kamu akan keluar secara otomatis kode HTTP. HTTP ini melindungi proses transfer data yang sedang terjadi ini. Hal tersebut yang disebut sebagai transfer data yang dilindungi oleh HTTP.

Mirip dengan HTTP, fungsi dari kode HTTPS adalah melindungi transfer data yang terjadi antara server dan audiens. Yang berbeda adalah HTTPS ini mempunyai pperlindungan yang lebih dibandingkan HTTP. Karena cara transfer data dari HTTPS adalah melakukan enkripsi data terlebih dahulu sebelum ditransfer ke audiens.

Maka dari itu, kamu akan sering menemukan HTTPS pada website yang menyimpan informasi atau data yang sensitif seperti kartu kredit, informasi pembayaran, credentials untuk login, dan sebagainya.

Kami sangat menyarankan kamu untuk menggunakan HTTP apabila kamu akan membuat website dengann tujuan blog atau landing page saja. Walaupun terlihat secara sekilas HTTPS mempunyai protokol yang lebih baik dibandingkan HTTP, tetapi pastinya HTTPS mempunyai cost yang lebih besar dibandingkan HTTP.

Tetapi ketika kamu hendak membuat website dengan informasi atau data sensitif seperti kartu kredit, visa, dan lainnya kami sangat menyarankan untuk menggunakan HTTPS. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kebocoran data pengunjung website kamu.

Kira – kira sekian penjelasan apa perbedaan HTTP dan HTTPS dari kami. Bagaimana? Simple bukan!

Default image
Max Edmund