Apa Itu Reels Instagram dan Cara Membuatnya

Hari demi hari, sosial media terus berkembang berkompetisi membuat sebuah fitur baru agar aplikasinya banyak didownload oleh masyarakat. Salah satunya adalah Reels Instagram yang terbaru dari aplikasi Instagram. Berusaha untuk menyaingi kompetitor sosial media besar lainnya seperti TikTok, maka Instagram membuat fitur tersebut.

Fitur ini sejarahnya dibuat dari awal bulan Agustus tahun 2020, tetapi baru bisa digunakan di Indonesia sekitar bulan Juni 2021.

Lalu, apa sih yang bisa kita buat dalam fitur Reels Instagram ini ? Bedanya apa dengan membuat konten biasa seperti memposting foto atau story instagram ? Kita akan kupas lebih dalam di artikel tersebut.

Pengertian Reels Instagram

Berdasarkan dari sumber web instagramnya sendiri, Reels Instagram 

Di fitur ini, kamu dapat membuat sebuah konten berupa foto-foto atau video yang digabungkan berdurasi sampai 60 detik. Dalam fitur ini juga dapat memasukan audio dari kumpulan musik yang terdaftar di library music dari instagram.

Jika kamu menggunakan private account, maka yang hanya bisa lihat konten reels kamu adalah para follower kamu. Tetapi jika menggunakan public account maka kamu bisa membagikan konten kamu di audience yang lebih besar dan bisa masuk ke Explore Reels.

Layaknya TikTok, kamu bisa melihat reels di menu bagian bawah instagram. Setelah itu kamu bisa scrolling konten-konten lain di bawahnya.

Reels instagram

©Pexels

Langkah-langkah membuat Reels

  1. Buka akun instagram 
  2. Geser layar ke kanan untuk membuka kamera instagram.
  3. Di menu bagian bawah terdapat fitur post, story, live dan reels. Silahkan pilih reels
  4. Jika kamu ingin mengambil gambar atau video saat itu, tinggal memencet tombol kamera seperti kamu mengambil foto di story Instagram.
  5. Jika kamu ingin mengambil video atau foto dari galeri ponsel kamu, terdapat icon foto di sebelah kiri bawah.
  6. Kamu bisa mengambil dengan “hands free” dan menggunakan mode timer. Terdapat pilihan “countdown” timer selama 3 detik atau 10 detik.
  7. Kamu bisa juga menggunakan speed untuk mengatur seberapa cepat hasil video yang akan terekam.
  8. Jika lebih ingin menarik lagi, kamu dapat menambahkan audio yang cocok dengan kontennya.
  9. Tools dari Align dapat digunakan jika kamu membuat sebuah transisi dari gambar ke gambar lainnya dalam satu konten.

Untuk lebih menarik dalam pembuatan konten reels, kamu bisa mempelajari dan melakukan riset menggunakan hashtag dari sebuah konten. Kamu tinggal memilih hashtag yang kamu ingin buat dan disitu banyak konten yang sama. 

Kamu juga bisa melakukan riset dan menemukan tren melalui audio. Dalam sebuah konten reels, disitu terdapat audio yang dimasukan. Setelah kamu memencetnya, terlihat banyak reels yang menggunakan audio tersebut. Selamat mencoba !

 

Default image
Ronaldo Nongsina