SEO, Bentuk Marketing Jangka Panjang

Di zaman digital sekarang ini, pekerjaan semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Ada banyak pekerjaan yang menggunakan jasa digital internet untuk pengembangan perusahaan dan bisnisnya. Salah satunya adalah SEO Specialist. Seorang SEO Specialist bekerja untuk sektor pemasaran menggunakan jasa internet dan mesin pencarinya agar masyarakat mudah mencari jasa atau produk tersebut. Biasanya SEO digunakan untuk bisnis yang baru berdiri sehingga dapat meningkatkan visibilitas bisnis tersebut lewat website yang dioptimasi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam apa fungsi dari SEO dalam digital marketing dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu SEO ?

SEO adalah cara digital marketer untuk promosikan  produknya dengan cara optimasi kata kunci yang mengarahkan ke situs produk tertentu untuk menjadi nomor 1 di mesin pencari (Google, Bing, Mozilla).

Tujuannya itu untuk ningkatin traffic pengunjung ke website kamu dan ningkatin brand awareness produk yang kamu tawarkan.

Cara kerja SEO

Jika kamu ingin menggunakan cara digital marketing tersebut, langkah awalnya sebelum mengoptimasi web adalah melakukan Keyword Research. Kata kunci dapat dicari melalui tools yang ada seperti Keyword Planner dari Google, Semrush, Keywordtool.io dan sebagainya. 

Dari pencarian tersebut, kita akan mengetahui kata kunci apa yang paling dicari oleh orang setiap bulannya dan seberapa banyaknya kompetitor anda yang mencari kata kunci yang sama. Tipsnya adalah mencari rata-rata terbanyak setiap bulannya dengan sedikit kompetitor. 

Untuk optimasi website sebenarnya ada dua cara, yaitu On Page dan Off Page. On Page SEO berarti melakukan optimasi kata kunci di dalam halaman website itu sendiri. Sedangkan Off Page SEO artinya optimasi yang dilakukan dari luar yaitu dengan mencari backlink untuk mempromosikan website anda. 

search engine

©Pexels

Istilah di SEO

Ini merupakan istilah umum yang harusnya kamu ketahui untuk memahami SEO : 

  1. Page Rank / SERP, sistem peringkat mesin pencari untuk website. Angkanya antara 1 – 10. Semakin tinggi angkanya, maka website kita semakin baik.
  2. Keyword, kata kunci yang kita gunakan untuk mencari sesuatu di mesin pencari. Keyword ada 2 jenis, yaitu long tail (frasa panjang) dan short tail (frasa pendek)
  3. Meta Deskripsi, yaitu penjelasan singkat tentang isi sebuah website. Terletak di bawah judul link setelah mencari sebuah kata kunci.
  4. Backlink, link di sebuah website yang mengarah ke website kita. Biasanya bertujuan untuk menambahkan informasi yang tidak ada di website pertama.
  5. Web Crawler, cara mesin pencari mengumpulkan data yang ada, sehingga ketika User mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan website yang relevan.

Manfaat SEO

Selain gratis, manfaat lainnya juga ada loh dibandingkan dengan Digital Marketing lainnya, seperti : 

Traffic Website

Jika kamu mengoptimasi website kalian dengan baik, seperti analisa kata kunci, melihat kompetitor dan memilih kata kunci yang tepat, maka website kamu akan meningkat traffic nya. Ini karena Google telah membaca website kamu dan memberikan tempat paling atas di halaman pencarian.

Brand Awareness

Manfaat SEO lainnya adalah kamu dapat meningkatkan brand awareness atas produk yang kamu miliki. Tujuannya adalah untuk jangka panjang sehingga nama dari brand kamu akan semakin naik setiap tahunnya dan akhirnya banyak pembeli yang mengenali brand kamu.

Leads Meningkatkan Penjualan

Jika website kamu mempunyai tampilan bagus dan sudah dioptimasi dengan teknik SEO yang tepat, maka potensi dari calon customer akan meningkat saat mengetik suatu kata kunci dan langsung mengarahkan website kamu. Misalnya user mengetik “matras yoga”, dan di halaman pertama langsung ada website kamu, maka kemungkinan besar dia akan click linknya dan membeli dari website kamu.

SEO

Nah, kesimpulannya adalah SEO dapat membuat website kamu menjadi nomor 1 di mesin pencari, dan berdampak ke penjualan kamu. Tentunya harus dikombinasikan dengan beberapa cara digital marketing lainnya agar website kamu tetap bertahan di nomor 1. Dampak dari adanya SEO ini juga sebagai investasi jangka panjang perusahaan, jadi manfaat brand yang sedang dibangun akan dirasakan setelah 2-3 tahun lamanya dari cara marketing ini.

 

Default image
Ronaldo Nongsina