Pengertian Kemasan Produk, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian kemasan produk adalah sebuah wadah untuk tempat produk dan bisa dikatakan sebagai pembungkus. Adanya kemasan produk ini akan membuat pembeli tertarik karena tentu saja pertama kali yang akan dilihat adalah dari kemasannya.

Pengertian Kemasan Produk Adalah

Pengertian Kemasan Produk Adalah
Source: pexels.com

Ada beberapa ahli yang menjelaskan mengenai pengertian dari produk kemasan. Tentu setiap ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun, secara umum kemasan produk merupakan sebuah pembungkus yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk di dalamnya.

1. Pengertian Menurut D. Rodriguez

Ahli pertama yang turut menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian dari kemasan produk adalah D. Rodriguez. D Rodriguez berpendapat bahwa sebuah kemasan produk adalah wadah yang digunakan untuk mengubah kondisi bahan pangan di dalamnya.

Menurutnya, kemasan produk dapat digunakan untuk mengubah senyawa kimia yang aktif sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Artinya produk tersebut tetap awet untuk beberapa waktu kedepan sehingga masih bisa dikonsumsi.

2. Gary Amstrong dan Philip Kotler

Sedangkan Gary Amstrong dan Philip Kotler berpendapat bahwa pengertian kemasan produk sebuah kemasan produk adalah kegiatan mendesain sebuah kemasan. Dengan adanya desain tersebut, maka harapannya kemasan bisa berfungsi dengan baik yaitu untuk melindungi kemasan di dalamnya.

3. KBBI

Sedangkan dalam KBBI, pengertian dari kemasan produk adalah sebuah produk pelindung yang didapatkan dari hasil kegiatan pada proses pengemasan. Produk tersebut kemudian didesain sedemikian rupa agar fungsinya bisa berjalan dengan baik.

Jenis Kemasan Produk

Source: pexels.com

Setelah kamu mengetahui apa pengertian dari kemasan produk, berikutnya adalah mengenai jenis-jenis dari kemasan produk. Ada beberapa jenis kemasan yang harus diketahui berdasarkan beberapa kategori yaitu sebagai berikut:

1. Berdasarkan Pemakaiannya

Jenis kemasan berdasarkan frekuensi dipakainya terbagi menjadi 3. Pertama adalah semi disposable artinya adalah kemasannya tidak bisa dimanfaatkan untuk hal lain seperti kaleng biskuit. Kedua, multi trip adalah kemasan yang dapat digunakan lagi di kemudian hari seperti botol minuman.

Kemasan ketiga adalah disposable yang artinya adalah kemasan tersebut hanya dapat digunakan untuk satu kali pemakaian kemudian dibuang. Contoh dari jenis kemasan ini adalah wadah yang terbuat dari plastik dan produk dari daun pisang.

2. Tingkat Kesiapan Pemakaian Kemasan Produk

Sedangkan untuk jenis berdasarkan kesiapan pakai terbagi menjadi dua. Pertama adalah siap dirakit yang artinya harus dirakit terlebih dahulu sebelum digunakan misal aluminium foil. Kedua siap dipakai yang bisa langsung dipakai misalnya adalah botol.

Tujuan Kemasan Produk

Tujuan Kemasan Produk
Source: pexels.com

Kemasan produk dibuat tentu dengan beberapa tujuan. Tidak hanya untuk melindungi produk yang ada di dalamnya saja tetapi untuk beberapa tujuan lain. Menurut Kimber dan Louw, tujuan dibuatnya kemasan produk adalah sebagai berikut:

1. Barier Protection

Tujuan pertama adalah sebagai barrier protection yang artinya adalah melindungi produk dari terkena air, debu, oksigen, dan uap.

2. Reducing Theft

Tujuan kedua adalah sebagai reducing theft yang artinya kemasan tersebut hanya dapat sekali saja digunakan dan tidak bisa ditutup lagi. Tujuannya adalah untuk mencegah produk tersebut dicuri seseorang.

3. Marketing

Tujuan terakhir adalah sebagai marketing artinya digunakan juga dalam membantu proses pemasaran produk. Kemasan produk yang dibuat dengan desain unik tentu dapat menarik perhatian dari pelanggan.

Manfaat Kemasan Produk

Manfaat Kemasan Produk
Source: pexels.com

Calon pendiri usaha tentu harus mengetahui apa saja manfaat dari dibuatnya kemasan produk. Kemasan produk sangat berpengaruh terhadap identitas dari sebuah produk tersebut.

1. Memudahkan Transportasi

Manfaat pertama adalah untuk memudahkan transportasi. Apalagi jika kemasannya sederhana maka akan lebih mudah untuk diangkut ke mana-mana. Selain itu, benda di dalamnya juga tidak mudah rusak.

2. Identitas Produk

Manfaat terakhir adalah sebagai identitas produk tersebut. Tentu saja dapat membantu kamu untuk melakukan pemasaran bisnis.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diartikan bahwa pengertian kemasan produk adalah sebuah wadah yang dapat digunakan untuk beberapa manfaat. Salah satu manfaat adanya kemasan produk adalah sebagai sarana pemasaran.

 

Default image
Mendy