Tips Memulai Usaha Kuliner dan Contohnya

Membuka usaha kuliner zaman sekarang sudah menjadi jalan mudah bagi setiap orang. Diperlukan perencanaan yang tepat, target pasar yang ada dan modal yang memadai, pasti hasilnya akan memuaskan. Selain itu, anda mesti memastikan kemampuan anda dalam berbisnis yang tepat.

Dalam artikel ini akan dibahas usaha kuliner apa saja yang dapat menjanjikan dan tips apa yang perlu kamu diketahui.

usaha kuliner

©Pexels

Usaha Kuliner Menjanjikan Saat Ini

Kedai Kopi

Siapa yang sekarang tidak pernah ke toko kopi ? Setidaknya untuk mencicipi kopi buatan khas brand tersebut ataupun hanya nongkrong bersama teman-teman. Kuliner ini sangat menjanjikan karena sedang trending di zaman sekarang dan peminat yang makin naik juga.

Makanan Healthy Food

Karena dampak pandemi ini, orang-orang jadi semakin memperhatikan kesehatannya. Disinilah kamu dapat memanfaatkan usaha kuliner dalam menjual makanan sehat atau healthy food. Dapat berupa jualan jus buah, makanan dengan kalori yang sudah dihitung untuk diet, makanan bahan mentah, ataupun jualan resep cara mengolah makanan sehat ala kamu sendiri. Intinya kuliner ini sangat menjanjikan setidaknya untuk 5 tahun kedepan.

Frozen Food

Makanan berbentuk frozen food juga termasuk kuliner yang sedang naik daun saat ini. Karena pandemi yang memaksa kita untuk tetap di rumah, maka orang-orang jaman sekarang menyiapkan stok yang banyak untuk keperluan masakannya, seperti daging, ikan dan lain-lain untuk keperluan jangka panjang. Kalau dihitung-hitung juga, frozen food cukup murah ketika kita ingin makan makanan enak tanpa harus ke restoran mahal. Tinggal mencari cara masak resep yang enak dan kita lakukan sendiri di rumah.

Hampers

Hampers menjadi trending baru ketika masa pandemi ini juga. Karena selama ini kita merayakan hari ulang tahun tidak bisa keluar rumah dan hari raya besar di rumah. Maka pesanan ucapan selamat melewati hampers banyak peminatnya.

hampers

Tips Penting dalam Memulai Usaha Kuliner

    1. Sesuai dengan passion kamu, setidaknya usaha kuliner ini berdasarkan makanan yang kamu sukai, misalnya kamu suka dengan makanan sehat. Maka dengan ilmu yang kamu miliki, kamu bisa mengetahui masakan apa yang sehat dan tetap bisa enak.
  • Menjawab kebutuhan masyarakat. Kamu tentu dapat mengetahui apa yang sedang dicari oleh orang-orang banyak tentang apa yang mereka suka saat ini. Disitulah kamu mengambil kesempatan dan menawarkan bisnis kuliner kamu kepada mereka, dijamin mereka akan datang ke kamu.
  • Promosi yang tepat, sekarang sudah banyak pelajaran tentang marketing agar usaha kamu sampai kepada orang-orang yang membutuhkan usaha kamu. Kamu hanya perlu cara bermarketing yang efektif
  • Go Online, ini berarti sebarkan usaha kamu melewati cara pemasaran online atau penjualan online, misalnya mendaftarkan usaha kuliner kamu di GoFood.
  • Baca pesaing kamu. Perlu untuk memahami tipe masakan atau strategi apa yang digunakan pesaing kamu. Penting untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan dari kompetitor kamu dan belajar dari situ.

Jadi, jangan takut lagi untuk memulai bisnis. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara menjalankan bisnis mulai dari nol di online course yang sudah banyak ditawarkan lewat internet. Atau agar semakin yakin kamu mengajak teman yang menyukai bisnis yang akan kamu bangun, agar sama-sama belajar dari pengalaman pribadi dan mengevaluasi bersama.

 

Default image
Ronaldo Nongsina