Definisi Branding Image Menurut Ahli, Fungsi, dan Tips Meningkatkannya

Branding image adalah sebuah kegiatan untuk mengelola merk dari organisasi atau perusahaan. Biasanya, pengelolaan merk ini dilakukan untuk meningkatkan ekuitas dari perusahaan yang dapat berlangsung selama jangka panjang.

Pengertian Branding Image Adalah

Pengertian Branding Image Adalah
Source: pexels.com

Ternyata pengelolaan merek tersebut sangat penting dalam sebuah bisnis. Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah pengelolaan merk, akan tetapi masih banyak juga orang yang belum tahu apa arti sebenarnya.

Beberapa ahli berpendapat mengenai pengertian dari pengelolaan merk sebagai berikut:

1. Menurut Management Study Guide

Pengertian dari branding image yang pertama diutarakan oleh Management Study Guide. Menurutnya pengelolaan merek merupakan bagaimana pandangan seorang konsumen terhadap merek tersebut.

Dapat juga diartikan dengan asosiasi unik yang muncul dalam benak seorang konsumen. Contoh dari branding image yaitu Nike yang merupakan citra dari sebuah merek pakaian. Selain itu, Nike juga hanya dianggap sebagai merek yang berhubungan dengan jenis pakaian olahraga.

2. Philip Kotler

Sedangkan branding image menurut para ahli yaitu Philip Kotler adalah sebuah bentuk ide, keyakinan, dan kesan seorang konsumen terhadap sebuah produk tertentu.

Menurutnya branding image sangat berpengaruh terhadap konsumen, untuk memilih produk mana yang akan dibeli oleh konsumen.

Brand image juga harus dibangun dengan kuat agar citra dirinya bisa terbentuk. Kemudian branding image harus bisa memberikan kesan positif dalam jangka panjang.

3. Menurut Keller

Keller mengartikan bahwa branding image merupakan sebuah persepsi terhadap sebuah merek. Hal ini juga tercantum dalam asosiasi merk yang memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Jadi buatlah merk yang mudah diingat oleh banyak orang.

Tips Meningkatkan Branding Image

Tips Meningkatkan Branding Image
Source: pexels.com

Jika sebuah produk berhasil membuat merk yang terkenal, maka hal tersebut tentu akan bermanfaat untuk kemajuan bisnisnya. Sebagai seorang pebisnis, sudah seharusnya kamu tahu bagaimana cara untuk meningkatkan sebuah branding image. Kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

1. Menggunakan Sebuah Laman Media Untuk Tempat Interaksi dengan Pelanggan

Tips meningkatkan sebuah branding image yang pertama adalah dengan memanfaatkan sebuah media sosial. Gunanya adalah agar memudahkan kamu berinteraksi dengan seorang pelanggan. Apalagi di zaman yang serba canggih ini hampir semua orang sudah memiliki media sosial.

2. Lakukan Kerjasama

Tips berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan bekerja sama. Di sini kamu bisa memanfaatkan influencer untuk meningkatkan branding image bisnis. Kamu bisa mencari influencer dengan jumlah followers banyak di Youtube, TikTok, atau Instagram.

Seorang pebisnis dapat menggunakan jasa dari influencer untuk mengendorse sebuah produk. Nantinya, produk kamu tersebut akan diketahui oleh banyak masyarakat khususnya pengikut dari influencer tersebut. Tips ini terbukti ampuh untuk mendongkrak angka penjualan.

3. Desain Logo Menarik

Tips untuk meningkatkan branding image yang berikutnya adalah dengan membuat sebuah desain logo menarik.

Tentu kamu harus mampu menarik perhatian konsumen dari desain logo yang kekinian atau sesuai dengan selera pasar. Semakin unik sebuah logo, maka semakin mudah mendapatkan konsumen.

Fungsi Branding Image

Fungsi Branding Image
Source: pexels.com

Branding image sangat bermanfaat untuk bisnis. Memiliki beberapa fungsi yang dapat membuat bisnis kamu semakin berkembang. Lalu apa saja fungsi dari branding image? Ini dia fungsi-fungsinya.

1. Memudahkan Membuat Segmen Pasar

Fungsi pertama dari branding image yaitu untuk memudahkan sebuah perusahaan membuat segmen pasar. Tentu langkah pertama sebelum memulai bisnis adalah dengan menentukan target pasar. Lalu pebisnis akan membuat sebuah produk yang sesuai dengan selera pasar.

2. Mudah Mendatangkan Konsumen Baru

Fungsi yang terakhir adalah memudahkan pengusaha untuk mendatangkan konsumen baru. Misalnya kamu sudah bisa menarik konsumen, bisa saja konsumen tersebut akan menginformasikannya ke saudara atau teman. Hal ini akan membuat kamu kedatang konsumen baru.

Sesuai dengan uraian di atas bahwa branding image adalah hal yang penting dalam bisnis. Penting juga untuk pebisnis mengetahui bagaimana cara meningkatkan sebuah branding image. Salah satunya dengan bekerjasama bersama influencer.

Default image
Mendy