5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil Tapi Menguntungkan

Banyak ibu rumah tangga yang bosan dan ingin bekerja, namun di sisi lain mereka juga tidak bisa meninggalkan rumah terlalu lama. Untuk mengatasi kebosanan itu, kamu bisa mencoba usaha sampingan ibu rumah tangga berikut ini.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Sedikit

Kebanyakan ibu rumah tangga memang menginginkan usaha sampingan yang ringan dan tidak menyita banyak waktu. Untuk itu, usaha sampingan berikut ini direkomendasikan karena tidak akan menyita banyak waktu kamu, jadi bisa tetap mengurus kebutuhan rumah tangga dengan baik.

1. Dropshipper

dropshipper

Usaha dropshipper memang tidak membutuhkan modal banyak karena kamu hanya memerlukan smartphone dan kuota saja. Nantinya, kamu akan menjual barang tanpa perlu modal dan stok barang di rumahmu.

Kamu hanya perlu mendapatkan calon pembeli saja, kemudian urusan pengiriman barang dan lain sebagainya bisa kamu serahkan ke seller atau penjual yang memiliki stok barang tersebut.

2. Membuka Bimbel

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Source: pexels.com

Kamu lulusan sarjana tapi terpaksa harus menjadi ibu rumah tangga yang tidak bisa bekerja di luar rumah? Manfaatkan kemampuanmu dengan mencoba membuka bimbel di rumah. Nantinya, murid yang mengambil bimbingan belajar dengan kamu hanya perlu datang ke rumahmu untuk belajar.

Sembari mengurus anak, kamu bisa membantu anak sekolah untuk menguasai pelajaran yang diajarkan di sekolah dan tentunya mendapat penghasilan.

3. Penulis Lepas

penulis lepas
Source: pexels.com

Contoh usaha sampingan ibu rumah tangga berikutnya tampaknya sedikit memakan waktu, namun hasilnya tetap lumayan untuk menambah penghasilan keluarga. Menulis artikel secara freelance akan sangat membantu kamu jika memang lebih banyak waktu senggang di rumah.

Kamu bisa menggunakan waktu untuk menulis ketika anak-anak sedang tidur atau berangkat ke sekolah.

4. Jasa Laundry

jasa laundry
Source: pexels.com

Jika kamu memiliki mesin cuci di rumah, tak ada salahnya membuka jasa laundry kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. Selain bisa dilakukan di rumah, usaha ini juga tidak membutuhkan banyak modal jika kamu sudah punya mesin cuci.

Selain mencuci punya sendiri, kamu juga bisa mencucikan pakaian orang lain dan mereka tentu akan membayar sesuai tarif yang sudah kamu tentukan.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Source: pexels.com

Kreativitas yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah meski tidak keluar rumah. Dengan usaha membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjualnya melalui toko online agar tidak perlu repot menawarkannya ke banyak orang.

Kamu bisa membuat kerajinan tangan yang unik dan sedang tren agar lebih diminati pasar.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sampingan?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sampingan
Source: pexels.com

Sebagian besar ibu rumah tangga mungkin masih bingung bagaimana memulai usaha sampingan. Hal ini karena kebanyakan masih mempertimbangkan tenaga, modal, dan tentunya izin dari suami untuk bekerja sampingan.

Untuk itu, tips berikut bisa kamu pakai agar lebih yakin saat hendak memulai usaha sampingan:

  • Mulailah dengan menawarkan usaha kamu ke tetangga di lingkungan sekitar.
  • Rajin-rajinlah mengunggah produk ke media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya dengan foto yang menarik.
  • Berikan keunggulan di setiap produk yang kamu tawarkan.
  • Pilih usaha yang sekiranya tidak terlalu banyak menyita waktumu dan juga sesuai dengan modal yang dimiliki.
  • Minta izin ke suami sebelum memulai usaha agar tidak timbul kesalahpahaman mengenai hal tersebut.
  • Jika sekiranya usaha sampingan sudah menyita waktu mengurus rumah tangga, sebaiknya pekerjakan orang lain untuk membantu usaha tersebut.

Sederet usaha sampingan ibu rumah tangga di atas bisa kamu diskusikan dengan suami sebelum memulainya. Pertimbangkan waktu, modal, dan tentunya tenagamu sebelum memilih salah satu atau beberapa usaha sampingan tersebut.

Default image
Mendy